ICT dan Pengenalan Pada PMRI

ImageMempelajari matematika memang tidak ada habisnya oleh karena itu, memilih metode yang tepat adalah syarat yang mutlak. Selain itu, penggunaan multimedia harus dioptimalkan sesuai kebutuhan siswa. Banyak sekali teknik-teknik maupun model pembelajaran Matematika, salah satunya adalah Pendidikan Matematika Realistik.

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) adalah suatu model pengajaran Matematika yang diprediksi akan menjadi model Pendidikan Matematika masa depan. Hal ini sangat mungkin terjadi karena PMRI memiliki pesona yang mampu menarik siswa mengalami proses belajar yang bermakna. Menurut Soedjadi (2001: 3) pembelajaran matematika realistik mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut:
1. Menggunakan konteks, artinya dalam pembelajaran matematika realistik lingkungan keseharian atau pengetahuan yang telah dimiliki siswa dapat dijadikan sebagai bagian materi belajar yang kontekstual bagi siswa.
2. Menggunakan model, artinya permasalahan atau ide dalam matematika dapat dinyatakan dalam bentuk model, baik model dari situasi nyata maupun model yang mengarah ke tingkat abstrak.
3. Menggunakan kontribusi siswa, artinya pemecahan masalah atau penemuan konsep didasarkan pada sumbangan gagasan siswa.
4. Interaktif, artinya aktivitas proses pembelajaran dibangun oleh interaksi siswa dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan lingkungan dan sebagainya.
5. Intertwin, artinya topik-topik yang berbeda dapat diintegrasikan sehingga dapat memunculkan pemahaman tentang suatu konsep secara serentak.

Semantara itu, sebagai pendukung pembelajaran masa depan, teknologi informasi dan komputer mutlak diperlukan. Pembelajaran berbasis TIK atau ICT saat ini sudah bisa dilakukan karena perangkat teknologi tersebut sudah menjamah pelosok nusantara. Apalagi yang dibutuhkan guru? tentu saja kemauan untuk bekerja keras. Jadi bersiaplah menjadi guru masa depan.

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Pos ini dipublikasikan di Opini. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s