mengapa perlu belajar statistika

Statistika adalah matakuliah wajib bagi mahasiswa S1. Semua orang kebanyakan akan menghidari matakuliah ini. Akan tetapi karena matakuliah ini wajib, mahasiswa mau tidak mau harus mengambilnya. Dari kebijaka yang sudah ditetapkan ini, mahasiswa memiliki hak untuk bertanya “mengapa”. Jawaban untuk pertanyaan ini sebenarnya sudah ada, tetapi ada baiknya saya tuliskan disini. Jawaban yang sederhana adalah bahwa kita ingin setiap mahasiswa memiliki satu set keterampilan tentang analisis data(rumus dan prosedur) sehingga mereka bisa memahami literatur eksperimental serta menganalisis datanya sendiri. Jawaban yang paling luas adalah bahwa statistika memiliki dampak nilai positif jangka panjang serta perkembangan karir bagi seseorang yang telah pernah mengambilnya. Kebanyakan dari kita, meskipun bukan orang yang mengadakan penelitian eksperimen, selalu akan menemui angka-angka dalam pekerjaan kita dan beberapa pemahaman tingkat lanjut dari ilmu ini adalah keterampilan yang laku untuk dijual. Penglaman-pengalaman dari lulusan universitas yang pernah belajar statistika, meskipun mereka mengaku sudah lupa pada pada rumus serta prosedur dalam statistika, mereka dipercaya oleh atasan untuk menangani pekerjaan yang berkaitan dengan analisis data.
Statistika tidak melulu berupa angka-angka, tetapi statistika adalah pemahaman mengenai dunia. Dalam kenyataannya, statistikawan pekerjaannya ada yang berusaha mencari jawaban tentang apakah pengaruh kokain yang diceritakan di novel lebih dahsyat dampaknya daripada kenyataan. Akan tetapi kita tidak boleh lupa tujuan kita yaitu membahas dampak kecanduan obat atau pengaruh lingkungan terhadap memori dan pembelajaran. Hasil dari eksperimen yang kita lakukan memiliki kehidupan di luar dunia yang agak terbatas dari kognitif atau sosial ilmuwan. Dan mari kita juga ingat bahwa sejumlah hal yang kebanyakan orang lihat tidak berhubungan dengan percobaan dikontrol ketat, tetapi implikasi dari studi lalu lintas untuk pengembangan pusat perbelanjaan, kepadatan perumahan dan berdampak pada anggaran sekolah lokal, dan survei pemasaran untuk produk baru. semua contoh-contoh melibatkan banyak konsep statistik dasar yang baik kita kuasai.
Dikutip dari Buku Fundamental Statistics Behavioral Sciences
David C. Howell

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s