Garis besar tentang statistika

Statistika dipandang sebagai suatu metode ilmiah dalam penelitian ilmiah. Matematikawan memandang statistika sebagai perkembangan dari ilmu matematika yang telah berkembang sebagai ilmu yang berbeda sehingga konsep matematika dapat digunakan sebagai alat(rumus) dalam keterampilan statistka.
Metode ilmiah dalam penelitian memadukan antara pendekatan deduktif(menghasilkan dugaan) dan induktif(fakta empiris). Dugaan bisa muncul krena adanya ketidakwajaran dalam suatu peritiwa sehingga layak diamati.Dengan menganalisis data dan hipotesis, statistikawan dapat menyimpulkan bahwa suatu peristiwa terjadi secara kebetulan atau ketidakwajaran dengan cara menghitung peluang peristiwa tersebut.

 

 

Untitled

Contoh misalnya dalam perjudian dimana bandar membuat aturan jika dalam pelemparan koin yang muncul adalah angka(A), bandar akan membayar 100.000 ke pemain, sebaliknya jika yang muncul adalah gambar(G), pemain harus membayar 10.000 ke bandar.

Permainan pun dimulai. Pada pelemparan pertama, muncul gambar. Ini tampak wajar. Demikian pula pada pelemparan kedua, muncul gambar lagi. Tetapi hingga pelemparan ke-lima G selalu muncul. Masihkah pemain meneruskan permainan?
Dugaan ketidakwajaran pasti akan muncul setelah kita tahu bahwa sewajarnya nilai peluang muncul A dan G masing-masing adalah 0.5. Maka pemain sebaiknya menghentikan permainannya.
Langkah-langkah prosedur dalam statistics yaitu:
1. mengumpulkan data
2. menyjikan data
3. menganalisis data
4. menarik kesimpulan
5. membuat keputusan
Langkah no.1,2, dan 3 merupakan bagian dari statistics deskriptif, sementara langkah no 4 dan 5 adalah statistics inferensial. Pada bagian ke 4 dan 5 inilah resiko bisa terjadi. Oleh karena itu, agar kita bisa memperkecil resiko, kita juga harus belajar Teori Peluang.

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s