Kenapa ada variabel di dalam statistika?

Rasanya aneh jika kita menggeneralisasikan suatu anggapan/hipotesis yang tidak masuk akal tentang suatu gejala melihat dari satu pengamatan saja. Misalnya ada seorang bapak yang berkata bahwa anak perempuan cenderung bisa berjalan lebih cepat dari anak laki-laki. Dia berkata demikian karena ia memiliki anak perempuan yang sudah bisa brjalan pada usia sepuluh bulan sementara anak laki-lakinya baru bisa berjalan setelah brusia 14 bulan. Atau kita pernah mendengar pendapat bahwa orang yang fisik badannya tinggi lebih bahagia daripada orang yang fisiknya pendek. Barangkali orang yang berpendapat demikian punya teman sekamar yang postur tubuhnya tinggi dan kebetulan sering beruntung. Dia pasti tidak pernah mengetahui pekerja tambang tertutup selalu tidaak nyaman pada tinggi badannya sendiri ketika bekerja karena dia harus membungkung untuk masuk ke gua pertambangan.
Beberapa kecil sampel mungkin saja cukup untuk mengamati suatu objek yang memiliki variasi yang sangat kecil. Misalnya untuk mengetahui jumlah kaki sapi. Kita cukup melihat satu atau dua sapi untuk mengetahui bahwa kaki sapi ada empat. Kita tidak haus menghitung seluruh sapi yang ada di dunia. Tetapi jika kita ingin mengukur hal yang bervariasi dari satu individu ke individu yang lain misalnya jumlah rata-rata produksi susu seekor sapi, kit tidak bisa menentukannya hanya dengan mengmati satu sapi saja. Tetapi kita butuh segerombolan besar sapi-sapi. Inilah yang dinamkan dengan prinsip variabilitas.
Dikutip dari buku fundamental statistics for behavioral Sciences
David C. Howell

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s