Populasi, sampel, Parameters dan statistik

Populasi

Populasi dapat didefinisikan sebagai koleksi seluruh peristiwa yang menarik untuk diteliti(misalnya, nilai dari semua morfin-disuntikkan tikus, produksi susu sapi di semua negara, usia dimana anak perempuan mulai bisa berjalan). Jadi jika kita tertarik pada tingkat stres dari semua remaja Amerika maka koleksi skor  stres para remaja Amerika membentuk populasi, dalam hal ini populasi yang jumlahnya lebih dari 50 juta. Jika, di sisi lain, kita hanya tertarik pada skor stres dari kelas sophomore di Fairfax, Vermont (sebuah kota sekitar 2300 penduduk), populasi akan mengandung sekitar 60 dan dapat diperoleh dengan mudah secara keseluruhan.

Misalnya guru ingin mengetahui tingkat pemahaman konsep matematika para siswanya, manakah yang disebut populasi? Jika kepala sekolah ingin mengetahui tingkat komunikasi matematis siswa, apakah populasinya sama dengan soal pertama? Jawabannya tidak. berikan alasanmu?

Sampel

Untuk populasi yang jumlahnya sangat besar, amatlah sulit untuk bisa mengambil semua informasi. Oleh karenanya, kita bisa memaksakan pengambilan sampel dan menggunakannya untuk bisa menyimpulkan karakteristik dari populasi.

Statistik

Jika kita mengambil sampel observasi, biasanya kita akan bertemu dengan nilai-nilai  data yang menggambarkan kesimpulan sampel(misalnya mengenai rata-rata atau terendah dsb.). Jika nilai-nilai itu berdasarkan suatu sampel, maka nilai itu disebut statistik.

Parameter

Nilai yang saling terkait di populasi disebut parameter. Parameter ini yang dapat digunakan untu menarik kesimpulan mengenai karakter populasi.

Dikutip dari buku fundamental statistics for behavioral Sciences
David C. Howell

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s