Bisakah membuat Histogram, Poligon dan Ogive dari Excel?

Program Microsoft tidak Excel tidak menyediakan grafik histogram secara khusus, tetapi kita bisa menggunakan diagram batang yang dimodifikasi. Diagram batang, seperti kita ketahui bahwa sisi X merupakan kategori sementara sumbu Y merupakan frekuensi dari tiap kategori. Dengan mengubah kategori menjadi seperti data distribusi dan gap antar batang kita hilangkan(minimalkan), maka diagram batang akan terlihat seperti histogram.

Langkah: Setelah data dimasukkan ke excel, blok data lalu insert Column. Klik kanan pada Grafik batang yang muncul, pilih Format Data series untuk menghilangkan gap(xsisakan 1%). Agar kategori berubh jadi angka, klik kanan pada diagram, pilih Select Data Source dan edit kategori dengan nilai yang diinginkan. Bandingkan  gambar diaagram batang(kiri) dan histogram (kanan) berikut:

Untitled1

Begitu pula untuk menggambar Poligon(kanan) serta Ogive(kiri).

Untitled2

Gambar-gambar di atas menggunakan data di bawah ini.

Untitled3

Hubungan Ogive dengan Poligon

Secara sederhana, ogive merupakan gambaran tentang frekuensi komulatif suatu nilai, semesntara poligon mewakili frekuensi tiap kelas interval. Jika kurva Ogive merupakan fungsi F(x) maka F'(x) adalah turunan fugsi ogive yang sekaligus merupakan kurva dari Poligon. Fungsi dari kurva poligon merupakan fungsi ekspektasi. Untuk menyederhanakn perhitungan dibuatlah standar kurva(konstanta normal) dengan menggunakan persen maupun proporsi sehingga fungsi kepadatan peluang bernilai 1. Contoh dari standarisasi ini diperlihatkan oleh distribusi uniform(seragam) dimana fungsinya adalah fungsi konstan.

Untitled34

Melihat keterwakilan Data

Keterwakilan persebaran data dapat dilihat dari nilai modus dan mediannya. Meskipun demikian, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selain itu, ada inteerquartile juga bisa mewakili data secara baik. Misalkan dari 40 siswa dengan nilai ujian dari 50 sampai 90, dengan interquartil maka 10 orang memperoleh nilai 50-60, begitu pula 10 untuk rentang 80-90.

Parameter lain untuk sebaran data adalah standar deviasi.

normal

Gambar dari http://www.gifted.uconn.edu/siegle/research/

Varians adalah standar deviasi yang dikuadratkan. Rumusnya adalah:

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s