Karakteristik Design Research

Proses Design Research  dijelaskan sebagai proses: adaptif, kolaboratif, kontekstual, fleksibel, orientasi tujuan, bendasar, integrtif, interaktif, interventionis, iteratif, metodologi yang inklusif, mulitilevel, pragmatis, fokus pada proses, teoritis, transformatif serta berorientasi pada penggunaan(cf. Cobb, Confrey, diSessa, Lehrer&Schauble, 2003; Kelly, 2003; Reinking&Bradley, 2008; van den Akker, McKenney&Nieveen,2006a; Wang&Hannafin,2005).

Dari sumber yang saya peroleh, design research dalam pendidikan lebih spesifik menggunakan lima dari semua karakter itu. Karakteristiknya adalah berorientasi pada teori, interventionis, kolaboratif, respon yang berdasar, dan iteratif. Selanjutnya akan saya uraikan kelima karateristik tersebut.

Pertama, Berorientasi pada proses( teoritically-oriented) artinya seperti penelitian lain bahwa dalam penelitian design research, peneliti menggunakan teori yang telah ada untuk memandu penemuan baru. Akan tetapi hal yang membuat design research speifik adalah pemahaman ilmiah akan teori dipakai tidak hanya dalam memandu kegiatan penelitian tetapi juga (selama masih dalam konteks inspirasi yang kreatif dan bijaksana) dalam membentuk desain solusi dari permasalahan riil.

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s