Design Research: Penelitian Yang “Pas” Bagi Guru

Apa itu Designevelopment Research? Itu pertanyaan pertama yang keluar dari “mulut” saya waktu mengiuti seminar pendidikan di suatu universitas. Saya belum pernah mendengar sebelumnya ketika kuliah keguruan di S1. Selama ini yang saya pahami adalah penelitian pengembangan dan biasanya disebut Research and Development( R n D). Sedikit berbeda memang karena metode penelitian ini memiliki lingkup kecil, di kelas  yang diampu guru itu saja. Guru yang mengenal kondisi kelasnya, apa masalah yang dialami siswanya dan bagaimana mencarikan solusi untuk kelasnya. Benar-benar penelitian yang khusus untuk guru.

Design/Development Reseach sebenarnya bukanlah jenis metode penelitian yang dikhususkan untuk pendidikan. Awalnya design research digunakan untuk pengembangan produk industri, kesehatan, ilmu sosial dan sebagainya. Desasal n sejarahnya.

penelitian-penelitian pembanding.

alasan alasan kenapa desin research cocok untuk guru.

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s