Pembelajaran Scientific Materi Dua Garis Paralel yang dipotong garis lain

Pendekatan Scientifik(metode ilmiah) sebenarnya bukan hal baru dalam dunia pendidikan. Pendekatan ilmiah sudah ada di dalam beberapa metode pembelajaran yang teruji, seperti PMRI. Akan tetapi bersamaan dengan munculnya instruksi pengunaan kurikulum 2013 di sekolah, tidak  ada salahnya kita perlu belajar lagi, biar sesuai dengan pendekatan tersebut.

Pendekatan Ilmiah memiliki 5 komponen dasar dalam tahapan pembelajaran yaitu mengamati, menanya, mengasosiasi, mencoba dan membuat jejaring. Kelima komponen tersebut diharapkan mampu membuat pola pikir siswa lebih “hidup” melalui pembelajaran yang disajikan. Seperti halnya dengan PMRI, Pendekatan ilmiah disusun berdasarkan konteks(situasi real) yang bisa membantu siswa memahami suatu kompetensi, Melalui masalah itu, siswa akan diarahkan ke 5M.

Kompetensi tentang pemahaman dan pemakaian sudut yang terbentuk oleh dua garis sejajar yang dipotong oleh garis lain(transversal) diajarkan di kelas VII. Penulis memberikan contoh Rencana pembelajaran dan perangkatnya serta contoh pelaksanaannya di kelas. Mudah-mudahan bisa membantu para guru yang mengajarkan kompetensi tersebut.

Ini Perangkat Pembelajarannya

Ini contoh

 

Di dalam Kegiatan tersebut siswa diberi permasalahan menyambung dua buah  balok kayu. Guru sebaiknya menggunakan stereofom untuk praktik ini. Semoga bermanfaat

 

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s