Kompetensi Proses Matematis dalam Kurikulum Matematika berbasis KDM

Kurikulum matematika Berbasis Kemampuan Dasar Matematis merupakan kajian para peneliti pendidikan matematika di dunia, terutama Amerika dan Eropa. Para peneliti berusaha mengembangkan desain pembelajaran yang tepat melalui analisis instruksional yang tepat.

Kajian dari NCTM (2000) menyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah adalah inti dari empat kemampuan matematis yang lain. Gambar berikut menunjukkan bagaimana keterkaitan antar KDM.

kdm

Analisis instruksional terhadap lima kemampuan pada kurikulum nasional di Inggris membuahkan beberapa kompotensi matematika berbasis proses.

kdm2

Delapan kompetensi tersebut dijabarkan dalam problem solving dan Pembelntukan konsep.

 

Iklan

Tentang Irkham Ulil Albab

Adalah kesempatan terbesar bisa bertemu dengan para pendidik Matematika yang hebat. Keinginan terbesar saya bisa menjadi the Future Lecturer, Future Researcher, Future Designer and Future Leader on Mathematics Education
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Pembelajaran Matematika. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s